INFORMASI PRODUK

Darimana ANDA mendapatkan informasi produk-produk pertanian (Benih & Pestisida) ?
 

BISI apk

Tanaman Pangan (AT : 53)
KEMBANGKAN PARADIGMA BARU PERTANIAN INDONESIA

Tantangan di sektor pertanian ke depan dalam memenuhi kebutuhan pangan seluruh rakyat Indonesia akan semakin komplek. Oleh karena itu, diperlukan strategi khusus untuk membangun pertanian yang berorientasi jauh ke depan dan sesuai dengan dinamika yang ada di Indonesia.

Dalam kurun waktu empat tahun terakhir ini, kinerja produksi beberapa komoditas pangan strategis di Indonesia mengalami peningkatan, meskipun tipis. Seperti padi, rata-rata mengalami peningkatan 2,6% per tahun, dari 64,4 juta ton GKG pada tahun 2009 menjadi 71,29 juta ton GKG di tahun 2013. Sementara untuk komoditas jagung, rata-rata kenaikannya sebesar 1,4% per tahun, dari 17,63 juta ton (2009) menjadi 18,51 juta ton pipilan kering (2013). Lain halnya dengan kedelai, meskipun secara rata-rata produktivitas per hektarnya meningkat 1,39%, namun produksinya justru menurun.

Read more...
 
TIGA SASARAN BESAR DALAM KONSEP KETAHANAN DAN KEMANDIRIAN PANGAN INDONESIA

Laju pertumbuhan penduduk dunia akan selalu terkait dengan ketersediaan dan pemenuhan kebutuhan pangan dan energi penduduk itu sendiri. Oleh karena itu, masing-masing negara di dunia akan selalu disibukkan dengan dua hal penting tersebut. Lantas, bagaimana dengan Indonesia sendiri?

Mengutip data yang dirilis Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam laporan yang berjudul “Prospek Populasi Dunia: Revisi 2012”, disebutkan, penduduk dunia pada tahun 2025 akan tumbuh menjadi 8,1 miliar jiwa dari jumlah saat ini yang tercatat 7,2 miliar jiwa. Kemudian pada tahun 2050, populasi tersebut akan terus berkembang menjadi 9,6 miliar jiwa, atau lebih besar dari prediksi sebelumnya yang diramalkan pada angka 9,3 miliar jiwa.

Read more...
 
MENGOPTIMALKAN MUSIM KERING DENGAN BERCOCOK TANAM JAGUNG

Datangnya musim kemarau di beberapa tempat, khususnya di lahan tadah hujan, acapkali memberikan tantangan tersendiri bagi para petani terkait komoditas yang hendak mereka tanam. Komoditas yang memiliki adaptasi bagus di musim kemarau, seperti jagung, menjadi salah satu pilihan yang rasional bagi petani. Hanya saja bercocok tanam jagung dalam kondisi lingkungan yang kering juga tetap memerlukan perhatian khusus agar hasilnya optimal.

Jagung pada dasarnya merupakan golongan tanaman yang sangat cocok ditanam di musim kemarau. Pasalnya, tanaman yang memiliki nama latin Zea mays ini memerlukan sinar matahari penuh selama masa hidupnya. Selain itu, tingkat penggunaan airnya juga tergolong sedang. Dari catatan Food and Agriculture Organization (FAO), kebutuhan air tanaman jagung berkisar antara 400 hingga 500 mm.

Read more...
 




PT. BISI International Tbk - PT. Tanindo Intertraco - PT. Multi Sarana Indotani (MSI).