INFORMASI PRODUK

Darimana ANDA mendapatkan informasi produk-produk pertanian (Benih & Pestisida) ?
 

BISI apk

Hortikultura (AT : 53)
SAAT PETANI DAN PEDAGANG JAGUNG MANIS GROBOGAN MENGENAL NEW MASTER SWEET

Jagung manis New Master Sweet kini juga mulai merambah sentra jagung manis di Grobogan, Jawa Tengah. Bagaimana respon para petani sekaligus pedagangnya?

Memiliki topografi yang berada di lembah dan diapit dua pegunungan kapur di sisi utara dan selatan, menjadikan Kecamatan Purwodadi sebagai salah satu daerah pertanian utama di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Meskipun masih didominasi lahan tadah hujan, produktivitas pertaniannya tetap menjadi salah satu pilar penyangga perekonomian sebagian besar warganya.

Read more...
 
RAHASIA DI BALIK ‘SI LILIN’ YANG PULEN

Sebagian dari kita mungkin masih asing dengan jagung putih atau jagung pulut atau jagung berlilin alias waxy corn. Memang, jagung yang satu ini sangat berbeda dengan jagung lain yang selama ini sudah biasa dikenal, semacam jagung pipil ataupun jagung manis. Lantas, apa yang membuatnya berbeda?

Keberadaan jagung putih atau biasa disebut jagung pulut ataupun jagung ketan memang tidak setenar kerabatnya yang lain, yakni jagung pipil (field corn) dan jagung manis (sweet corn). Namun jika dilihat dari karakter spesial yang dimiliki, maka cukup disayangkan jika potensinya sebagai sumber pangan alternatif dilewatkan begitu saja.

Read more...
 
ICIP-ICIP MANISNYA BERTANI BALI FLOWER DI BLORA

Pertama kali tanam langsung dapat untung lebih dari Rp20 juta. Tanam yang kedua pun keuntungan yang sama juga akan kembali ia dapatkan. Itulah yang dialami Sumani, petani semangka di Blora yang mendapat untung manis dari hasil bertanam semangka hibrida berbiji Bali Flower.

Pagi hari menyusuri lahan pertanian di wilayah Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora terasa menyenangkan sekaligus menentramkan. Bagaimana tidak, hamparan lahan yang luas dengan beragam komoditas yang ditanam terasa menyejukkan mata, ditambah lagi sapaan ramah dan akrab dari para petani beserta pekerjanya semakin melengkapi pagi itu dengan rasa tentram yang sempurna.

Read more...
 
KEPERKASAAN ORIENT DI TENGAH PRAHARA KELUD

Erupsi Gunung Kelud yang terjadi pada medio Februari lalu telah menimbulkan dampak yang luar biasa bagi kehidupan petani di sekitarnya. Termasuk salah satunya petani bunga kol Orient di Kabupaten Kediri yang tanamannya tertimbun material vulkanik. Namun berkat usaha keras petani dan ketangguhan varietasnya, hasil manis masih bisa dipetik di tengah dampak bencana.

Adalah Basori, petani dari Desa Padangan, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri, Jawa Timur yang merasa beruntung sekaligus puas saat tanaman bunga kol miliknya masih bisa dipanen sempurna setelah sebelumnya tertimbun pasir vulkanik dari letusan Gunung Kelud pada 13 Februari 2014 lalu.

Memang, saat Gunung Kelud erupsi, bunga kol Orient yang ditanam Basori itu baru saja pindah tanam. Umurnya baru 15 hari setelah pindah tanam. Jadi, memang masih sangat muda dan cukup rentan dari pengaruh lingkungan.

Read more...
 
MEMBUDIDAYAKAN SQUASH GOLDEN MAMA 35 SEBAGAI SUMBER NUTRISI SEKALIGUS MESIN UANG KELUARGA

Squash atau disebut juga kabocha kini mulai banyak dibudidayakan di Indonesia. Bukan hanya di kawasan Lembang, Bandung Barat saja yang memang sudah terkenal dengan kabochanya, kini buah tersebut juga mulai banyak ditanam di beberapa wilayah, seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bukan hanya mudah ditanam, komoditas ini juga memiliki nilai manfaat yang tinggi sekaligus bisa dijadikan mesin penghasil uang tambahan bagi keluarga.

Di lereng timur Gunung Lawu, tepatnya di wilayah Kecamatan Plaosan dan Sidorejo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, beberapa sudut lahan milik petani setempat tampak berbeda. Di situ sejumlah tanaman kabocha ditanam dengan menggunakan ajir dan dirambatkan di atas para-para bambu yang kuat. Buahnya yang cukup lebat dengan warna merah oranye semakin menambah daya tarik siapapun yang melintas.

Read more...
 
SANG SUPLIER VITAMIN DAN ANTIOKSIDAN ALAMI

Vitamin A*
Tiap 245 g labu kuning mengandung 12.231 IU (International Unit) atau 245% AKG** vitamin A yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata, kulit, kekebalan tubuh, dan juga reproduksi.

Vitamin C*
Tiap 245 g labu kuning mengandung 11,5 mg atau 19% AKG** vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kekebalan tubuh dan sebagai antioksidan, serta memiliki peran dalam pembentukan dan perbaikan jaringan tubuh yang rusak.

Vitamin E*
Tiap 245 g labu kuning mengandung 2 mg atau 10% AKG** vitamin E (Alpha Tocopherol) yang berperan sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit, sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas, meningkatkan kesuburan, serta meminimalkan resiko kanker dan penyakit jantung koroner.

Read more...
 
PENTINGNYA MENGANTISIPASI SERANGAN LAYU PADA SI ORANYE

Bercocok tanam squash atau labu kuning memang boleh dibilang sangat mudah, bahkan tanaman ini bisa ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi. Namun demikian, serangan penyakit tetap harus diantisipasi sejak dini, khususnya serangan layu yang bisa membuat gagal panen.

Squash atau kabocha alias labu kuning pada dasarnya mampu ditanam di berbagai kondisi dan ketinggian. Hanya saja, untuk mendapatkan hasil yang optimal, tanaman bernama latin Cucurbita maxima ini akan sangat “nyaman” jika ditanam di kawasan dataran tinggi.

“Sebenarnya squash itu ditanam di mana saja bisa. Hanya saja yang paling bagus itu di dataran tinggi dengan ketinggian di atas 1.000 mdpl. Karena, beda suhu siang dan malamnya itu sangat optimal untuk mendukung perkembangan tanaman,” terang Muhammad Fuad, staf riset dan pengembangan tanaman Cucurbitaceae PT BISI International, Tbk.

Read more...
 




PT. BISI International Tbk - PT. Tanindo Intertraco - PT. Multi Sarana Indotani (MSI).