INFORMASI PRODUK

Darimana ANDA mendapatkan informasi produk-produk pertanian (Benih & Pestisida) ?
 

BISI apk

Klinik Tanaman (AT : 53)
Klinik Tanaman (AT : 53)

Kepada Yth.:
Pengasuh Klinik Tanaman

Saya adalah petani padi, masalah yang saya hadapi saat ini adalah tanaman padi yang menguning pada umur 15 hari setelah tanam. Tanaman padi saya tersebut tidak bisa berkembang dengan normal, kenapa bisa begitu dan bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih.

Salam,
Didit
(*******@yahoo.co.id)

Bapak Didit, kondisi tanaman padi Bapak yang seperti itu bisa disebabkan oleh kekurangan unsur nitrogen (N). Kekurangan unsur ini bisa disebabkan oleh kondisi lahan yang terlalu masam, sehingga serapan unsur hara N terganggu. Usaha yang bisa dilakukan antara lain dengan menambahkan kapur dengan cara dibenamkan di antara barisan tanaman, dosisnya sekitar 1 ton kapur per hektar lahan. Selain itu, tanaman padi juga perlu disemprot dengan pupuk daun yang mengandung unsur N yang tinggi, misalnya Tanivit D, dengan interval penyemprotan satu minggu sekali. Semoga bermanfaat.


Kepada Bapak Pembina Klinik Tanaman
Majalah Abdi Tani

Saya adalah salah seorang petani padi, dan akhir-akhir ini saya menemui masalah tanaman yang selama ini belum pernah saya alami.  Pada panenan padi yang terakhir, hasilnya sangat jelek. Tanamannya tidak bisa tumbuh tinggi dan bulir padinya banyak yang hampa, padahal sudah saya beri pupuk NPK. Hal ini baru saya alami sekarang. Kira-kira apa yang terjadi dengan tanaman padi saya tersebut, apakah faktor kekurangan air menjadi salah satu penyebabnya? Mohon penjelasannya, terima kasih.

Mukhtar Kusuma
(**************@nnt.co.id)

Bapak Mukhtar, kekurangan air pada tanaman padi sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Apabila kekurangan air terjadi sepanjang umur tanaman, maka tanaman padi tidak akan mampu tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya, atau bisa dibilang tanaman akan menjadi kerdil.
Sementara untuk bulir hampa, hal itu bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain: tanaman tersebut mati sebelum bunga malai masak, adanya serangan hama seperti walang sangit dan wereng batang coklat, adanya anakan dan malai yang terlambat keluar sehingga di saat panen tiba masih ada malai atau bulir yang belum masak, dan pemupukan NPK yang diberikan tidak sesuai kebutuhan tanaman dan diberikan dalam waktu yang kurang tepat. Semoga bermanfaat.

 




PT. BISI International Tbk - PT. Tanindo Intertraco - PT. Multi Sarana Indotani (MSI).