INFORMASI PRODUK

Darimana ANDA mendapatkan informasi produk-produk pertanian (Benih & Pestisida) ?
 

BISI apk

Pupuk & Pestisida (AT : 54)
SINERGI SEMPURNA BENFURON DENGAN TABELA

Sistem tanam Tabela sudah begitu jamak ditemui di Sulawesi Selatan, dan petani padi di sana selalu mengkombinasikannya dengan herbisida khusus padi, seperti Benfuron 12/18WP, untuk mengendalikan bibit-bibit gulma agar tidak berkembang.

Bagi petani padi yang sudah terbiasa menggunakan sistem Tabela atau tanam benih langsung, permasalahan gulma akan selalu menjadi perhatian utama. Pasalnya, dalam sistem Tabela pertumbuhan gulma cenderung lebih dominan. Sehingga potensi penurunan hasil akibat keberadaan gulma itu pun akan lebih besar jika dibandingkan dengan sistem tanam pindah atau Tapin.

Seperti data yang pernah dirilis Balai Besar Tanaman Padi Sukamandi, Jawa Barat, penurunan hasil akibat serangan gulma pada sistem Tabela bisa mencapai 96%. Sementara pada sistem tanam pindah, gulma yang tidak disiangi bisa menurunkan hasil panen sekitar 48%.

Read more...
 
BOOM PADI DI BENAK PETANI SULAWESI

Sudah banyak petani padi di sentra padi Sulawesi Selatan yang menggunakan BOOM Padi untuk meningkatkan produksi padi mereka. Bagaimana tanggapan mereka tentang paket lengkap tersebut?

Kami’, Desa Mapadelok, Kecamatan Tanah Sitolo, Kabupaten Wajo
“Hasilnya sangat bagus. Dari lahan seluas satu hektar, dengan BOOM Padi bisa dapat 80 karung gabah (± 8,2 ton gabah kering panen-red.). Biasanya rata-rata hanya dapat 65 karung (± 6,5 ton-red.). Tanamannya juga terlihat berbeda, batangnya lebih besar, malainya panjang, anakannya banyak, dan daun benderanya tinggi.”

Arifin, Desa Mapadelok, Kecamatan Tanah Sitolo, Kabupaten Wajo
“Saya sangat senang setelah pakai BOOM Padi. Hasilnya benar-benar berbeda. Tanamannya lebih subur, kuat, dan hasilnya lebih banyak. Hanya dengan satu paket ini saja sudah cukup untuk mendapatkan hasil panen yang lebih baik.”

H. Sahe, Desa Mapadelok, Kecamatan Tanah Sitolo, Kabupaten Wajo
“Sudah lama saya pakai BOOM Padi. Bahkan saya dijuluki sebagai kakeknya BOOM Padi di sini. Memang, sejak pertama kali tahu kemudian saya coba sendiri dan hasilnya benar-benar bagus, akhirnya setiap kali tanam padi pasti memakai paket ini. Cukup tiga kali semprot sudah tidak perlu semprot pestisida lain. Lebih hemat tapi hasilnya hebat.”

Read more...
 
LEDAKAN BOOM PADI DI LUMBUNG PADI SULAWESI SELATAN

Paket pestisida ini sudah terbukti mampu meningkatkan produksi padi di sejumlah sentra padi tanah air. Pun demikian di Sulawesi Selatan, paket BOOM Padi telah ‘meledakkan’ produksi padi di salah satu provinsi lumbung padi nasional itu.

Tahun ini, berdasarkan Angka Ramalan (ARAM) I yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), produksi padi di Sulawesi Selatan mencapai 5,439 juta ton gabah kering giling (GKG). Hasil itu meningkat 403 ribu ton atau 8% dibanding Angka Tetap (ATAP) tahun 2013 yang totalnya sebesar 5,035 juta ton GKG.

Peningkatan produksi itu sendiri di samping karena adanya peningkatan luas panen dan kondisi iklim yang mendukung, juga karena adanya dukungan aspek budidaya yang lebih intensif yang dilakukan oleh para petani, sehingga bisa meningkatkan produktivitas tanaman.

Read more...
 
BREKELE YANG BIKIN KACANG PANJANG MEMBLE

Serangan virus kuning atau bulai alias brekele pada kacang panjang akhir-akhir ini sudah jamak terjadi. Intensitas serangannya pun tidak bisa dianggap remeh, karena bisa mengakibatkan kerugian hingga 100% dan mampu menyebar dengan cepat jika tidak dikendalikan sejak dini.

Keberadaan penyakit kuning atau brekele atau bulai atau penyakit golkar di Indonesia pertama kali dilaporkan pada tahun 1989. Waktu itu, penyakit yang disebabkan oleh virus gemini ini menyerang pertanaman tembakau.

Lantas di tahun 1996, virus tersebut ditetapkan sebagai virus potensial di negara-negara Asia yang tergabung dalam kerjasama AVNET, yaitu: Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Taiwan.

Virus gemini atau virus kuning memiliki banyak inang dan mampu menginfeksi beragam jenis tanaman. Setidaknya ada tiga kerabat tanaman yang menjadi inang dari virus yang disebarkan oleh kutu kebul Bemisia tabaci ini, yaitu Solanaceae, Cucurbitaceae, dan Leguminoceae.

Read more...
 




PT. BISI International Tbk - PT. Tanindo Intertraco - PT. Multi Sarana Indotani (MSI).