INFORMASI PRODUK

Darimana ANDA mendapatkan informasi produk-produk pertanian (Benih & Pestisida) ?
 

BISI apk

LAIN-LAIN

- JAGUNG (Zeamays) merupakan komoditas dunia, dan menduduki tempat ketiga setelah gandum dan padi. Mengenai asal asul jagung, sejak kapan datangnya ke Indonesia masih belum ada tahu. Diperkirakan, tanaman ini berasal dari Amerika Latin daerah sebelah utara. Dan dari sini, kemudian menyebar ke daerah subtropis dan tropis, termasuk Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya.

Secara biologis, ia merupakan tanaman berumah satu atau dengan sebutan "monococus", yang berarti letak bunga jantan terpisah dengan bunga betina pada satu tanaman. Berdasarkan jenisnya jagung ada tujuh golongan, yaitu "jagung gigi kuda" (dent corn), jagung mutiara (flint corn), jagung manis (sweet corn), jagung lunak (flour corn), jagung berondong (pop corn), jagung kulit (pod corn), jagung berlilin (waxy corn).

Sweet Corn, atau lebih dikenal masyarakat pertanian kita disebut "Jagung Manis". Memang sesuai namanya, jagung ini memiliki rasa yang sangat manis. Sangatlah wajar, bila jagung ini memiliki tempat yang istimewa, dibanding dengan jagung yang selama ini ditanam para petani. Karena mempunyai rasa yang berbeda dengan jagung kebanyakan, maka tak heran bila banyak orang menyenanginya, dan telah menjadi makanan primadona sebagai jagung konsumsi hampir di semua kalangan.


- Kacang panjang merupakan tumbuhan yang dijadikan sayur atau lalapan. Ia tumbuh dengan cara memanjat atau melilit. Bagian yang dijadikan sayur atau lalapan adalah buah pokok tersebut dan mudah didapati di kawasan panas di Asia.

Kacang Panjang adalah sumber protein yang baik, vitamin A, thiamin, riboflavin, besi, fosfor, kalium, vitamin C, folat, magnesium, dan mangan. Nilai gizi kacang panjang (mentah) per 100 g (3.5 oz) ; Energi 196 kJ (47 kcal) ; Karbohidrat 8 g ; Diet serat 3,6 g ; Lemak 0 g ; Protein 3 g.
Persentase yang relatif ke US rekomendasi untuk orang dewasa (Sumber : USDA Nutrient database). Dalam ukuran porsi 100 gram kacang terdapat 47 kalori, 0 gram lemak total, kolesterol 0 mg, natrium 4 mg (0% nilai harian), 8 gram karbohidrat total (2% nilai harian), dan 3 gram protein (nilai harian 5%). Ada juga 17% DV vitamin A, 2% DV besi, 31% DV vitamin C, dan 5% DV kalsium.


- Buncis (dari bahasa Belanda, boontjes, Phaseolus vulgaris L.) merupakan sejenis polong-polongan yang dapat dimakan. Buah, biji, dan daunnya dimanfaatkan orang sebagai sayuran. Sayuran ini kaya dengan kandungan protein. Tanaman buncis dipercaya berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Buncis adalah sayur yang kaya dengan protein dan vitamin ini membantu menurunkan tekanan darah serta mengawal metabolisme gula dalam darah dan amat sesuai dimakan oleh mereka yang mengidap penyakit diabetes atau hipertensi. Kandungan serat dan enzim yang tinggi dapat membantu penurunan berat badan. Kacang buncis tumbuh melilit, mempunyai akar tunggang dan sisi yang panjang dan memerlukan tiang untuk memanjat.


- Kangkung (Ipomoea aquatica Forsk.), juga dikenal sebagai Ipomoea reptans Poir1. merupakan sejenis tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan di tanam sebagai makanan. Kangkung banyak dijual di pasar-pasar. Kangkung banyak terdapat di kawasan Asia dan merupakan tumbuhan yang dapat dijumpai hampir di mana-mana terutama di kawasan berair.


- Bayam (Amaranthus spp.) merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting.

Di tingkat konsumen, dikenal dua macam bayam sayur: bayam petik dan bayam cabut. Bayam petik berdaun lebar dan tumbuh tegak besar (hingga dua meter) dan daun mudanya dimakan terutama sebagai lalapan (misalnya pada pecel, gado-gado), urap, serta digoreng setelah dibalur tepung. Daun bayam cabut berukuran lebih kecil dan ditanam untuk waktu singkat (paling lama 25 hari), lebih cocok untuk dibuat sup encer seperti sayur bayam dan sayur bobor. Bayam petik biasanya berasal dari jenis A. hybridus (bayam kakap) dan bayam cabut terutama diambil dari A. tricolor. Jenis-jenis lainnya yang juga dimanfaatkan adalah A. spinosus (bayam duri) dan A. blitum (bayam kotok). Kandungan besi pada bayam relatif lebih tinggi daripada sayuran daun lain (besi merupakan penyusun sitokrom, protein yang terlibat dalam fotosintesis) sehingga berguna bagi penderita anemia.

 




PT. BISI International Tbk - PT. Tanindo Intertraco - PT. Multi Sarana Indotani (MSI).